6 Alasan Pentingnya Perencanaan Keuangan Bagi Milenial

6 alasan pentingnya perencanaan keuangan bagi milenial

6 Alasan Pentingnya Perencanaan Keuangan Bagi Milenial - Bagaimana mengatur keuangan dan kenapa perencanaan keuangan penting bagi milenial atau anak muda masa kini..!!!.

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas beberapa informasi keuangan seperti Apa itu investasi dan Tips cara investasi untuk pemula.

Sebagian dari kita mungkin masih belum paham mengapa pentingnya perencanaan keuangan dan terkadang masih sangat boros dalam hal keuangan, bahkan yang sudah bekerja pun penghasilannya hanya cukup untuk makan sehari-hari, kalo masuk ujung bulan sudah kering tu dompet macam saya haha😂.

Pada artikel kali ini bertujuan untuk memberikan pandangan kepada anak muda tentang alasan pentingnya perencanaan keuangan bagi milenial, sekaligus berbagi pengalaman penulis sendiri.

6 Alasan Pentingnya Perencanaan Keuangan Bagi Milenial

Berikut ini adalah alasan pentingnya perencanaan keuangan bagi milenial, check this out :

1. Agar Siap Dalam Melewati Masa Krisis

pentingnya perencanaan keuangan bagi milenial

Alasan pentingnya perencanaan keuangan bagi milenial yang pertama adalah agar siap dalam melewati masa krisis atau darurat. Masa krisis atau darurat bisa di artikan saat keuangan anda dalam fase sulit,

Pada saat seperti itulah perencanaan keuangan sangat terasa manfaatnya, dengan melakukan perencaan atau manajemen keuangan anda bisa lebih mempersiapkan diri agar tidak terjebak dalam masa krisis anda.

Sebagai contoh misalkan ada seorang anak muda yang baru lulus perkuliahan (fresh graduate) panggil saja Tono, dia mempunyai pekerjaan karna baru wisuda dan belum genap 1 tahun bekerja, gajinya 2,5 juta rupiah perbulan.

Dengan gaji tersebut Tono harus memutar otak agar cukup selama 1 bulan, pada awal bulan Tono selalu menyisihkan dana nya berkisar 500 ribu sampai dengan 1 juta rupiah. Dengan begitu diharapkan Tono dapat bersiap jika menghadapi masa-masa krisis pada akhir bulan sebeluma gajian lagi hehe.

Selain itu sepulang bekerja Tono mencoba membuka peluang usaha seperti jualan pulsa dan membuka jasa pembuatan website yang sedikit banyak disisihkan pendapatannya untuk membantu keuangan Tono.

2. Lebih Fokus Mencapai Tujuan

perencanaan keuangan bagi anak muda

Dengan mempunyai perencanaan keuangan yang matang tentunya akan lebih mudah bagi anda mencapai tujuan-tujuan (goals).

Dengan perencanaan keuangan yang matang, anda bisa mewujudkan semua tujuan satu demi satu, tanpa melupakan kewajiban dan kebutuhan di masa sekarang, yang kalau diabaikan bisa menimbulkan masalah di kemudian hari. 

Maka dari itu selagi masih muda tentukan tujuan anda, dan wujudkan tujuan tersebut dengan aksi yang konkrit, misalkan melanjutkan pendidikan, membuka jasa, menambah modal, investasi dan lain sebagainya, dengan perencanaan keuangan yang baik dapat membuat anda lebih fokus mencapai tujuan anda.

3. Memberikan Keamanan Dan Kenyamanan

pentingnya perencanaan keuangan yang baik

Alasan pentingnya perencanaan keuangan bagi milenial yang berikutnya yaitu memberikan keamanan dan kenyamanan.

Rasa aman dan nyaman itu penting, apalagi di tengah krisis Covid-19 yang rasanya masih berlangsung sampai sekarang. tidak ada yang bisa dipastikan, tetapi kita setidaknya bisa memastikan kondisi kita baik-baik saja. Tentu saja, dengan perencanaan keuangan yang baik.

Ketika ternyata rencana harus diubah ataupun disesuaikan itu merupakan hal yang cukup wajar. Pasalnya, bagaimanapun kita memang harus bisa beradaptasi dengan kondisi supaya bisa bertahan (survive). Tapi, bayangkan jika kita tak pernah membuat rencana keuangan sebelumnya, lalu, apanya yang bisa disesuaikan? Panik sih, iya.

Dengan adanya rencana, kita akan tahu sebelah mana yang harus disesuaikan, sebelah mana yang tidak pas. Lalu, kita pun dapat melakukan tindakan atau hal-hal untuk mengantisipasinya serta mengecilkan risiko.

4. Memastikan Keuangan Yang Sehat


perencanaan keuangan milenial yang baik

Alasan selanjutnya adalah memastikan keuangan yang sehat, dengan perencanaan keuangan yang baik, anda dapat memprioritaskan kebutuhan maupun menunda kebutuhan lain yang bisa ditunda, menyegerakan yang penting atau urgent, hingga semua tujuan dan kebutuhan bisa terpenuhi sedikit demi sedikit.

Tanpa adanya perencanaan keuangan yang baik, kita tidak bisa memastikan bahwa keuangan akan tetap sehat ke depannya.

Perencanaan keuangan akan sangat berperan ketika kita butuh uang dan mempertimbangkan untuk meminjam dana. Tanpa rencana keuangan, tidak akan bisa mengelola utang, sehingga cicilan dan angsuran pun menumpuk berantakan. Akhirnya, bisa ditebak, kita menjadi terjerat hutang yang tak ada putusnya, bahkan sampai harus gali lubang tutup lubang.

Dengan perencanaan keuangan yang baik juga, kita bisa melakukan investasi dengan tepat guna. Kita bisa memilih instrumen yang sesuai, karena kita tahu persis apa kebutuhan kita dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk bisa mewujudkan kebutuhan tersebut.

5. Mengakomodasi Kebutuhan Dengan Baik

alasan pentingnya perencanaan keuangan yang baik

Manusia memang banyak keinginan, tapi kalau modal tidak ada, ya bisa jadi semua keinginan tersebut dapat terpenuhi. Pilihannya lantas ada 2 : menyerah atau mencari cara supaya semua bisa terakomodasi dengan baik. 

Terakomodasi artinya direncanakan, karena tidak mungkin semua bisa terlaksana dengan segera. Namun, kita bisa mewujudkan semua keinginan itu satu per satu, yang hanya bisa dilakukan jika kita punya perencanaan yang matang.

Bahkan meski kita punya gaji UMR sekalipun, tidak akan ada mimpi yang terlalu mustahil untuk diwujudkan, dengan perencanaan keuangan yang baik semuanya dapat terwujud diiringi dengan usaha dan do'a 😃.

6. Menjaga Keuangan Jangka Panjang

pentingnya perencanaan keuangan untuk milenial

Alasan pentingnya perencanaan keuangan bagi milenial yang terakhir adalah untuk menjaga keuangan jangka panjang.

Sebagai pemuda atau kaum milenial kehidupan masa depan harus dipersiapkan sedini mungkin mengingat perkembangan teknologi serta persaingan yang semakin hari semakin meningkat.

Anda harus mempunyai modal hidup kedepan mulailah belajar hal baru, anda bisa melanjutkan kuliah maupun memulai usaha atau investasi. tentunya harus sesuai dengan perencanaan anda jangan dipaksakan kalau memang belum mampu.

Cukup menjaga kestabilan keuangan anda dan menyisihkan pendapatan setiap bulan sebagai dana darurat itu sudah lebih dari cukup.

Demikianlan pembahasan kita kali ini mengenai 6 Alasan Pentingnya Perencanaan Keuangan Bagi Milenial semoga bermanfaat, silahkan tinggalkan komentar anda dan jangan lupa berkunjung kembali ke blog kami terima kasih 😁

 

 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url